Sunday 27 December 2009

Bangga Indonesiaku


Indonesia adalah negara kepaulaun yang satu wilayah dengan wilayah yang lainnya terpisah oleh adanya lautan yang membelahnya. Setiap kepulauan besar memiliki ratusan hingga ribuan gugusan pulau kecil yang dihuni oleh beratus-ratus suku dengan adat-istiadat yang berbeda. Dan dari adat-istiadat ini melahirkan beribu-ribu kebiasaan serta watak yang berbeda-beda dan unik.

Beragam sumber watak dan perangai manusia yang begitu kompleks dan berlawanan memang menjadi suatu nilai tarik sendiri. Maka tidaklah heran jika semboyan negara kita adalah “Bhineka Tunggal Ika” yang berarti walau berbeda-beda namun tetap satu kebangsaan yakni Indonesia tercinta. Hal inilah yang mendasari terciptanya suasana toleransi antar suku yang harmonis, tidak ada persaingan untuk meninggikan kebudayaan masing-masing suku karena kebudayaan daerah adalah kebudayaan Indonesia yang menjadi kewajiban setiap warga negara untuk menjaga dan melestarikannya.

Suasana yang ramah dan bersahabat adalah salah satu daya tarik lain dari kondisi dan kultur masyarakat Indonesia. Amat sangat jarang sekali kita temui orang Indonesia yang bertemu tanpa bertutur sapa terlebih dahulu, setidaknya untuk kalangan Islam misalnya maka satu diantara yang lainnya saling mengucapkan salam dan membalas salam tersebut. Ini adalah tradisi yang tak boleh hilang dan harus tetap ada untuk setiap jiwa masyarakat Indonesia. Karena dengan perasaan saling mengerti dan perhatian antara kondisi satu dengan yang lainnya inilah yang akan membuat kerukunan semakin tercipta sehingga tidak akan terjadi peristiwa-peristiwa yang tidak kita inginkan bersama.

Terima ksih Ya Allah swt, karena engkau telah melahirkan hamba di bumi yang penuh kesuburan ini. Jayakan negeri ini dan jadikan negeri ini sebagai baldatun thoyyibah, yang penuh kemakmuran , kebenaran, dan kebaikan. Indonesiaku, aku bangga padamu.

No comments: