Saturday 26 December 2009

Anjungan Lentur (Compliant)

Beberapa contoh dan anjungan lentur (compliant) ialah sebagai berikut:

1. Tension Leg Platform (TLP)
TLP pada umumnya digunakan sebagai fasilitas produksi (production platform). Konstruksi TLP terdiri atas badan (hull), super structure (deck & top side facilities), tali- tali penambat vertikal. Badan TLP sekilas mirip dengan badan semi submersible, akan tetapi kolom-kolom horizontalnya (floaters) pada urnumnya lebih kecil dan sederhana. Badan TLP terdiri atas kolom-kolom tegak yang umumnya berjumlah 4 atau 6 kemudian kolom-kolom horizontal sebagai penghubung antar kolom-kolom tegak dan penegar- penegar diagonal. Tali-tali penambat vertikal (tethers) biasanya berupa wire ropes yang menghubungkan hull dengan pondasi pada dasar laut. Tali-tali ini diberi tegangan tarik awal sedemikian rupa sehingga bila muatan di geladak (beban) bertambah dan ada penurunan penmukaan air karena pasang surut misalnya, maka posisi TLP relatif tidak berubah. Selain itu tali-tali vertikal ini juga dapat mentranformasikan beban horizontal ke dasar laut sehingga pergeseran horizontal dapat direduksi.


2. Guyed Tower
Guyed Tower adalah konstruksi rangka langsing yang ditopang oleh beberapa mooring lines disisi-sisinya dan sekitar permukaan air hingga dasar laut. Dengan demikian beban horizontal dan momen melalui mooring lines ditransformasikan ke dasar laut. Konstruksi pada dasar laut dapat fixed structure atau juga konstruksi engsel. Pada daerah sekitar permukaan air guyed tower biasanya dilengkapi dengan struktur apung.

3. Articulated Tower
Articulated Tower mirip dengan guyed tower hanya tidak dilengkapi dengan mooring lines. Konstruksi penopang antara strukktur dengan dasar laut biasanya berupa sambungan engsel. Articulated Tower diiengkapi dengaii struktur apung yang cukup besar.


2 comments:

Anonymous said...

thank's for ur articles, very nice...

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.